Cuplikan Pengalaman Hidup

Oleh Raditya Hidayat



Berawal dari latar belakang keluarga yang pernah menjadi seorang pedagang dan sering berinteraksi dengan masyarakat yang memiliki usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), saya memiliki visi untuk dapat membantu masyarakat yang memiliki UMKM menjadi UMKM yang dapat berkembang dan berdaya saing tinggi. Latar belakang tersebut membuat saya harus memiliki kemampuan dalam hal perencanaan strategi dan pengelolaan sumber daya baik dalam hal keuangan, produksi, tenaga kerja, maupun pemasaran. Kemampuan tersebut dapat diperoleh melalui pendidikan formal, salah satunya dengan mengenyam pendidikan di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Pada saat pendidikan, saya memperoleh banyak sekali pengetahuan dalam hal akademis serta pengetahuan yang bersifat non-akademis seperti kedisiplinan dan bidang keorganisasian.

Mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan mampu memiliki solusi pemecahan masalah khususnya bidang tri dharma perguruan tinggi yang terdiri atas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Untuk mencapai hal tersebut, saya terus menggali potensi diri saya sehingga keaktifan menjadi mahasiswa tidak hanya dalam bidang akademis melainkan juga harus menggali potensi dalam bidang non-akademis. Sebagai mahasiswa aktif, saya mengikuti beberapa kegiatan di luar perkuliahan seperti bergabung menjadi staf departemen penelitan dan pengembangan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen FEB UB 2016, menjadi ketua pelaksana salah satu event yang diselenggarakan organisasi tersebut dan bekerja sama dengan pihak Jurusan Manajemen, serta bergabung dalam kegiatan luar kampus seperti komunitas yang bernama Generasi Baru Indonesia. Kegiatan tersebut memiliki dampak positif yang luar biasa bagi saya, dimana meningkatkan kemampuan dalam bidang akademik dan kemampuan mengembangkan potensi diri seperti kemampuan berbicara di depan umum, kemampuan dalam berorganisasi, dan sebagainya. Saya juga pernah menjadi ketua pelaksana Pemeriksaan Kesehatan bagi masyarakat Kelurahan Balearjosari Malang yang didukung oleh komunitas Generasi Baru Indonesia dan Bank Indonesia Malang. Di dalam program tersebut, saya menyadari bahwa sebagai mahasiswa sudah sepantasnya kita terjun ke dalam masyarakat, membantu problematika yang banyak terjadi dalam masyarakat, bukan hanya sekedar kuliah-nongkrong-demo-main-pulang. Selain itu, saya bersama tim juga mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat membantu masyarakat khususnya para pelaku UMKM dalam hal memasarkan produknya. Aplikasi yang bernama Mang.ID ini adalah sebuah etalase online yang diharapkan dapat membantu perkembangan UMKM di Indonesia.

Tim Mang.ID

Hidup adalah pilihan, dimana setiap manusia berhak untuk memilih apa yang terbaik bagi mereka. Pilihan ingin bergabung menjadi kandidat Glints merupakan pilihan untuk mengembangkan potensi diri untuk mewujudkan visi saya agar dapat bermanfaat bagi sesama. Ketertarikan untuk bergabung dalam Glints dimulai ketika saya duduk di bangku kuliah, dimana selain memberikan sebuah materiil dalam bentuk uang, juga memberikan pengetahuan mengenai kuliah, kepribadian, maupun karier kepada para pemuda Indonesia. Sejak saat itu, saya berkeinginan keras untuk dapat bergabung dalam program ini dengan menyeimbangkan kemampuan akademis dan non-akademis. Kebanggaan menjadi penerima Beasiswa Glints ini sangat besar karena penerima tersebut bersaing dengan ribuan mahasiswa lainnya, sehingga hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk menguji kemampuan diri. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dalam Glints Scholarschip ini karena saya adalah pemuda yang energik, pekerja keras, dan memiliki keinginan kuat untuk belajar akan hal-hal baru, serta percaya bahwa saya dapat melakukan yang terbaik bagi lingkungan dan sesama.


“… Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.”
(HR. Thabrani dan Daruquthni)


Komentar

Postingan Populer